Granit Lantai Homogeneous Tile ( Mengetahui Kelebihannya , Motif , Tekstur , Dan Ukuran Garnite Tile )


Pada kesempatan kali ini saya salah satu admin tukanggranit.com akan membahas granit lantai dan meskipun pointnya umum tetapi saya berharap bahwa tulisan ini berguna untuk pembaca meskipun itu hanya di salah satu bab saja .

Granit lantai lebih banyak di cari di google indonesia yang artinya user yang sedang mencari informasi tentang granit lantai mempunyai volume terbilang cukup banyak , dan untuk keyword turunan juga bisa di buat artikel sekitar 250 artikel

Untuk orang awam, sebutan Granit Lantai  homogeneous tile masih asing di kuping.
Sementara itu bahan penutup lantai serta ruangan ini kerap membuat cantik bidang dalamnya lobby kantor serta hotel.

Merk Granito, Niro Granite, Essenza, Venus, Monalisa, serta Indogress tercantum produk homogeneous tile yang tersebar di pasaran.

Apa Itu Granit Homogeneous Tile

Granit Homogeneous tile pula kerap diucap granit tile. Dibuat dari kombinasi tanah liat, silika, serta kaolin yang terbakar pada temperatur 12000C sehingga menyatu homogen erat serta kokoh dengan pori- pori yang sangat kecil.

Apabila dipotong, hasil potongannya dari atas ke dasar menyatu seakan berasal dari satu material. Sebutan granit tile dikasih sebab memanglah corak serta motifnya alami seragam granit. Secara universal, Granit homogeneous tile dibedakan bersumber pada motifnya serta tipe permukaan/ teksturnya. Harga material ini juga terus menjadi terjangkau sebab telah banyak produsen yang memasarkannya.

Perbandingan Keramik dengan Granit Homogeneous Tile

Keramik memanglah lebih diketahui bagaikan bahan penutup lantai, sementara itu bahan dan proses pembuatannya nyaris sama. Cuma saja proses pembakaran Granit homogeneous tile dicoba pada temperatur lebih besar sehingga lebih kokoh dibandingkan keramik. Metode membedakan keduanya lumayan gampang. Secara kasat mata, tampilan Granit  homogeneous di segala permukaannya sama.

Sebaliknya keramik, cuma menunjukkan motif ataupun glazur- nya di bagian atas saja dengan hasil pembakaran tanah liat di bagian bawahnya. Keduanya bersama berikan opsi polished( mengkilap serta licin) serta unpolished( tidak mengkilap serta tidak licin).

Ketebalan granit tile dekat 8- 10mm, sebaliknya keramik cuma menggapai 6 milimeter. Seperti itu sebabnya, granit tile lebih kokoh dibandingkan keramik serta dapat ada dalam dimensi modular yang lebih besar.

Keunggulan Granit Lantai Homogeneous tile

Walaupun bahan serta proses pembuatannya nyaris sama dengan keramik, tetapi dia mempunyai sebagian keunggulan.

Lebih kuat
Tampilan elegan yang ada dalam bermacam motif serta warna
Susunan atasnya tidak gampang tergores, kalaupun tergores tinggal memolesnya serta tidak menimbulkan pergantian motif serta corak sebab watak homogenitasnya yang solid
Ada dalam dimensi besar dengan tingkatan presisi yang tinggi
Tidak butuh direndam dikala hendak dipasang sebab pori- porinya sangat kecil
 Kecilnya efek pop- up ataupun terangkat sebab pergantian temperatur serta kesalahan pemasangan
Lebih tahan bercak serta gampang dibersihkan sehingga sangat sesuai diaplikasikan di dapur


Dimensi Granit Homogeneous Tile

Ada dalam bermacam dimensi modular, mulai dari 40×40 centimeter, 60x 60, 80 x 80, serta 120 x 120. Banyaknya dimensi dengan tingkatan presisi yang besar serta keseragaman motif, memudahkan serta memesatkan waktu pemasangan.

Apalagi, dikala ini telah mulai dipasarkan wujud mozaik berdimensi 120×120, dengan keragaman corak serta kecanggihan teknologi potong water jet, yang mempermudah pemotongan serta penataan dalam bermacam desain.

Tekstur Permukaan Granit Homogeneous Tile


Sama semacam keramik, granit tile dibuat dengan 2 tipe tekstur, halus serta agresif. Tekstur agresif( unpolished) biasanya digunakan buat bidang luar serta zona basah, semacam teras serta kamar mandi. Tekstur polished sesuai diaplikasikan pada bidang dalamnya, berikan kesan bersih, elok, serta memantulkan sebagian besar sinar yang diterimanya.

Motif Granit Homogeneous Tile


Motif elok homogeneous tile ada dalam tampilan polos( tanpa motif), motif kayu, batu alam, marmer, granit, sampai motif artistik. Didukung dengan bermacam corak, mulai dari putih, krem, abu- abu, gelap, sampai cokelat, homogeneous tampak menawan buat menghasilkan bermacam kesan ruang yang di idamkan. Keindahannya terus menjadi elok dengan tampilan natural alur bebatuan serta alur pasir.

 Pemasangan serta Perawatan Granit homogeneous tile


Berbeda dengan keramik yang wajib direndam air saat sebelum pemasangan buat menghilangkan sifat meresap air supaya tidak terangkat( pop- up), material ini tidak butuh direndam. Pori- porinya yang sangat kecil serta rapat buatnya sedikit efek pop- up. Hendaknya pakai semen praktis dikala pemasangan serta ingatlah buat berikan nat dengan jarak 2- 3mm.

Penjaannya relatif gampang serta lumayan dibersihkan teratur semacam lantai keramik biasa, dengan air serta cairan pembersih lantai. Sebab tidak gampang meresap air, apabila terserang tumpahan kopi ataupun cairan lain yang umumnya meninggalkan sisa, lumayan dilap dengan kain basah.

Bila terserang benturan barang yang sangat keras serta meninggalkan sisa guratan, pemolesan bisa dicoba tanpa takut hendak terjalin pergantian corak serta motif yang hendak membuat lantai jadi belang. Nyatanya, homogeneous tile bukan material asing yang sama sekali baru di dunia bangunan.

Keberadaannya telah kerap dimanfaatkan di bermacam tempat, mulai dari perumahan, perkantoran, apalagi perhotelan.Tampilan mewahnya yang menyamai marmer serta granit dengan harga relatif lebih murah, jadi energi tarik tertentu.

Kekokohannya yang tidak diragukan lagi, kemudahan pemasangan serta penjaannya, dan ketersediaannya di pasaran, membuat material ini gampang didapat dengan bermacam- macam opsi. Jadi, tidak butuh lagi memilah serta menggunakan homogeneous tile ataupun granite tile buat tampilan natural serta elok dalam desain. Pemakaian material homogeneous tile dapat digunakan dengan pas setimpal desain bidang dalamnya.

Kadangkala kita kerap dibuat bimbang, berapa banyak jumlah granit tile yang diperlukan buat mengisi segala ruangan yang terdapat, sehingga acapkali jumlahnya tidak setimpal dengan kebutuhan ruangan, baik itu kelewatan ataupun kekurangan.

Jenis ataupun Pembagian pemasangan granit tile lantai pada tempat tinggal ataupun gedung biasanya antara lain:

1. Lantai didalam ruangan tempat tinggal, contohnya zona tamu, kamar tidur, zona keluarga, zona televisi, dsb.

2. Lantai kamar mandi.

3. Lantai teras,( teras depan ataupun teras balik)

4. Taman,( taman depan ataupun taman balik)

5. Garasi( mobil ataupun sepeda motor)

6. Balkon.

7. Serta seterusnya, tergantung desain tempat tinggal tersebut.

Granit lantai yang biasa dipasang tersebut memiliki dimensi yang bermacam- macam, dan biasa memiliki bentuk bujursangkar. Terdapat yang berdimensi terdapat 40x40( satuan didalam centimeter), 60x60, 80x80, 100x100, 120x120, 60x120

Banyak perihal yang perlu dikenal saat sebelum melaksanakan perhitungan jumlah Granit tile:

1. Granite tile yang dijual di pasaran biasanya dikemas di dalam kotak. Didalam 1 kotak tersebut terdiri dari sebagian keping keramik, yang bila dihitung luas totalnya tidak seluruhnya berjumlah 1 m2. Terdapat yang 1 kotak berjumlah cocok 1 m2, terdapat yang kurang dari 1 m2, dan terdapat yang makin lebih 1 m2.

2. Customer membeli granite tile didalam satuan kotak, bukan cuma didalam satuan mtr. Persegi.

3. Granite tile dimensi 40x40, biasanya didalam 1 kotak berjumlah 6 keping. Ini bermakna 1 kotak Granit tersebut sama pula dengan 0, 96 m2, disebabkan luasnya= 0, 40m x 0, 40m x 6pcs= 0, 96 m2.

4. Granite Tile dimensi 60x60, didalam 1 kotak terdapat berjumlah 3 keping. Ini bermakna 1 kotak Granit tersebut sama pula dengan 1, 08 m2, disebabkan luasnya= 0, 6m x 0, 6m x 3pcs= 1, 08 m2.

7. Granite Tile dimensi 60x60, didalam 1 kotak terdapat berjumlah 4 keping. Ini bermakna 1 kotak Granit tersebut sama pula dengan 1, 44 m2, disebabkan luasnya= 0, 6m x 0, 6m x 4pcs= 1, 44 m2.

Catatan: meningkatkan 3- 6% ini bagi pengalaman, buat mengestimasi keramik yang rusak dan keramik yang tidak terpakai( sisa potongan).

Di pasaran bahan bangunan, kita memahami sebutan granite tile dan ceramic tile bagaikan bahan bangunan yang universal dipakai bagaikan material penutup lantai. Ceramic tile ataupun keramik telah kerap kita gunakan bagaikan penutup lantai. Material ini tren di Indonesia pada tahun 1990- an mengambil alih lantai teraso yang terkenal tadinya. Apalagi sampai saat ini, lantai keramik masih jadi salah satu opsi finishing lantai yang terkenal di tengah warga.

Polished Homogeneous Tile


Di dikala yang sama, material granit pula muncul di Indonesia bagaikan alternatif penutup lantai tidak hanya keramik. Granit muncul bagaikan alternatif yang dikira lebih elegan serta bagus daripada keramik. Biayanya juga pula relatif lebih mahal sehingga cuma golongan menengah ke atas saja yang sanggup membeli granit bagaikan finishing lantai rumah mereka.

Di tahun 2000- an, timbul pendatang baru ialah homogenous tile. Material ini bisa jadi telah tidak asing lagi kita dengar. Penggunaannya juga terus menjadi terkenal di tengah warga. Tetapi mengerti kah Kamu apa itu sesungguhnya homogeneous tile? Kemudian apakah granit tile sama dengan homogeneous tile?

Homogeneus tile sesungguhnya merupakan salah satu wujud dari ceramic tile. Baik homeogeneous tile serta ceramic tile dibuat dari tanah liat serta pasir kuarsa bagaikan material utamanya. Perbedaannya terletak pada proses pembuatannya. Homogeneous tile terbakar dengan temperatur yang lebih besar dibanding dengan ceramic tile.

Proses ini membuat homogeneous tile lebih padat, keras, serta sedikit pori- pori sehingga lebih tahan lembab serta anti- noda. Ciri ini menyeluruh pada segala bagian permukaannya. Oleh sebab itu finishing lantai ini diucap dengan homogeneous tile sebab watak serta tampilannya yang homogen.

Granite tile yang kerap kita dengar biasanya kerap mengacu pada homogeneous tile. Konsumsi sebutan granite tile sesungguhnya kurang pas, sebab material homogeneous tile sama sekali tidak memiliki bebatuan granit. Tetapi sebutan ini senantiasa terkenal di warga sebab tampilan dari homogeneous tile menyamai lantai granit yang elegan, mengkilap, serta bertekstur mempesona.

Jenis- jenis Homogeneous Tile


Bersumber pada motifnya, homogeneous tile bisa dibedakan jadi jenis polos tanpa motif dan jenis bermotif. Motifnya dapat beragam, mulai dari motif kayu, motif marmer, serta motif granit( yang bisa jadi motif ini sangat terkenal sehingga kerap diistilahkan bagaikan granite tile pula).

Granite tile pada rumah

Bersumber pada tipe permukaannya, terdapat jenis polished ataupun yang mengkilap dan jenis unpolished dengan permukaan yang agresif ataupun corak matte. Biasanya jenis polished dipasang bagaikan lantai bidang dalamnya buat rumah, sebaliknya jenis unpolished dipakai pada zona luar ruangan semacam teras sebab teksturnya mirip semacam batu alam.

Homogeneous tile ada dalam dimensi ataupun potongan yang lebih besar daripada lantai keramik. Di pasaran, material ini dijual dalam dimensi 60 x 60, 80 x 80, 100 x 100, sampai dimensi 120 x 120 yang tercantum lumayan sangat jarang.

Homogeneous tile terus menjadi diminati oleh publik sebab lebih tahan terhadap lembab dan lebih gampang dibersihkan sebab pori- porinya jauh lebih sedikit dibanding lantai keramik. Tidak hanya itu, tampilannya yang elegan membagikan kesan yang lebih anggun serta mempesona pada bidang dalamnya ruangan.

Harga homogeneus tile bermacam- macam mulai dari Rp 150. 000,- hingga Rp 600. 000,-. , Kamu dapat memperoleh bermacam homogeneous tile dengan bermacam- macam opsi, corak, dimensi, dan harga buat membiasakan dengan kebutuhan Kamu .
TukangGranit.com adalah situs penyedia jasa pemasangan granit di jakarta , tangerang , bogor , depok dan bekasi hp 081270328816