Apakah Granit Perlu Di Nat

Banyak orang berfikir bahwa granit tidak perlu di nat tetapi ada juga yang beranggapan bahwa granit perlu di nat, nah artikel ini menjawabnya dengan alasan yang masuk akal, bukan asal akal-akalan saja.

Dalam suatu waktu saya pernah mengerjakan pemasangan granit di Jakarta dan Alhamdulillah bertemu dengan Owner yang tidak tahu bagaimana pemasangan granit yang baik itu seperti apa , dan beliau mendapatkan masukan dari orang yang tidak paham tentang pemasangan granit , bahwa granit itu tidak perlu di nat.

Jadi Kesimpulannya apakah granit perlu di nat ? PERLU dengan catatan nat tidak terlalu lebar , usahakan nat granit itu 1 mm dan paling lebar 2 mm
Saya jelaskan bagaimana nanti akan timbul masalah apabila granit tidak di nat atau pasangannya mepet antara granit satu dengan yang lainnya, Ada 3 alasan kenapa granit harus di nat dan Beliau mulai paham penjelasan saya karena alasan saya kenapa granit harus di nat masuk akal. Ternyata Sang Owner tidak tahu ukuran 1 mm itu lebarnya seberapa.


3 Alasan granit perlu di nat


1 . Menghindari suatu saat ketika granit ada yang pecah , maka ketika ada jarak antara granit yang pecah dengan  granit sebelahnya lebih mudah di bongkar tanpa merusak granit sebelahnya yaitu granit yang tidak perlu di ganti . 

2 . Untuk jaga-jaga ketika tukang memasang granit dan mendapatkan situasi di mana granit tidak siku maka nat ini di jadikan ruang gerak sebagai gerakan untuk menggeser sedikit posisi granit yang tidak siku karena jika tidak di lakukan maka akan ada pengaruh pada pasangan granit di baris berikutnya. Untuk penjelasan ini sepertinya perlu di lapangan langsung.

3 . Nat untuk menghilangkan pasangan granit yang tidak rata antara granit, penjelasannya begini dalam memasang granit, tukang granit belum tentu presisi ini bisa di akibatkan karena kepadatan adukan  antara granit yang satu dengan yang lainnya tidak sama, dan hal ini lumrah terjadi. 
Berikutnya faktor permukaan granit juga bisa mempengaruhi rata atau tidaknya pasangan granit dan ini bisa dilihat di sudut dan pinggir granit kalau di raba antara pertemuan granit ( bidang nat ) akan terasa ada ganjalan, istilah ini bisa di sebut nyisil dalam pemasangan granit , dan ketika pasangan granit ada natnya antara 1 mm sampai 2 mm dapat mengurangi atau menyemukan  nyisil tersebut dan pasangan granit akan lebih terlihat rata jika di lihat dan di raba

Jadi kesimpulannya Apakah Granit Perlu Di Nat ? jawabannya sangat perlu dan di anjurkan tetapi dengan catatan bahwa lebar nat hanya 1 sampai 2 mm.