Penyebab Lantai Granit Terangkat Dan Cara Mencegahnya

Penyebab Lantai Granit Terangkat


Dalam beberapa waktu setelah pemasangan granit kadang kita menemukan bahwa lantai granit terangkat dengan sendirinya, sedangkan Penyebab Lantai Granit Terangkat banyak sekali faktor penentunya.

Dan pada tulisan kali ini kita akan membahas Penyebab Lantai Granit Terangkat serta bagaimana kita mencegahnya.

Jika berbicara pencegahan agar lantai granit tidak terangkat, sudah tentu kita akan membahas proses pemasangan  lantai granit dari awal.

Namun sudah saya katakan diatas bahwa penyebab lantai granit terangkat disebabkan oleh beberapa faktor dan berikut ini faktor-faktor yang menyebabkan lantai granit terangkat.

Baca juga tulisan kami Pola Lantai Granit Tile

Cara Pemasangan Granit Yang Asal-asalan


Ketika memasang lantai granit umumnya tukang granit hanya akan berfikiran bagaimana supaya pekerjaan cepat selesai, apalagi dalam kondisi kerjaan borongan.

Dan tidak memperhatikan  kualitas pemasangan, biasanya tukang granit akan berfikiran bahwa kualitas itu setelah kecepatan dalam proses pemasangan granit.

Bahkan untuk memberikan perekat granit pada bagian bawah granit pun tukang granit enggan karena memikirkan kecepatan dalam pemasangan granit.

Satu lagi juga penting untuk diperhatikan, ketika dalam proses pemasangan maka jangan pernah menginjak pasangan lantai granit yang baru saja dipasang minimal 24 jam.

Hal ini bertujuan agar perekat benar-benar menyatu dengan adukan jika pemasangan granit menggunakan adukan.

Padahal ini adalah salah satu faktor yang menyebabkan lantai granit mudah terlepas dikemudian hari, memang di awal-awal waktu terlepasnya lantai granit karena faktor ini tidak akan ketahuan, namun di beberapa tahun mendatang ini akan terjadi.

Lantai Kerja Tidak Di Plur Dulu


Penyebab lantai granit terlepas juga bisa di pengaruhi oleh lantai kerja yang tidak di plur dulu dan ini hanya berlaku pada lantai dasar bangunan atau lantai 1.

Alasannya karena tanah di bawah lantai granit bergerak dan langsung bersinggungan langsung pada adukan lantai granit.

Untuk menghindari masalah ini sebaiknya sebelum pemasangan lantai granit tanah wajib dipadatkan dan setelah itu di dibuat lantai kerja dengan plur.

Jika memang konstruksi bangunan bagus maka seharusnya masalah lantai granit terlepas yang diakibatkan oleh hal ini seharusnya tidak ada.

Struktur Konstruksi Bangunan Yang Bergerak

Ini adalah salah satu masalah yang paling sulit untuk di selesaikan, karena ini menyangkut seluruh struktur bangunan.

Hal yang perlu anda lakukan hanya berharap bahwa ini akan berhenti mengikuti karena bergeraknya struktur bangunan akan jenuh untuk menyesuaikan pada posisi yang tepat.

Biasanya ini masalah ini akan berpengaruh pada lantai granit bagian lantai atas atau lantai 2 dan seterusnya.

Meskipun tidak menuntup kemungkinan bahwa lantai dasar juga akan berpengaruh oleh masalah ini.

Untuk menghindari masalah lantai granit terlepas yang di timbulkan oleh struktur bangunan, sebaiknya di perhatikan dari awal saat pembangunan seperti ukuran cakar ayam, pertemuan besi slup serta ukuran besi yang dipakai.

Untuk lantai 2 ke atas perhatikan ukuran besi balok, lebar dan tinggi balok, ukuran besi dak serta jarak besi dan yang terakhir adalah ketebalan adukan cor pada dak.

Dari tulisan di atas dapat di simpulkan bahwa penyebab lantai granit terangkat ada beberapa point sebagai berikut.
  1. Proses pemasangan lantai granit yang asal cepat tidak memperhatikan kualitas.
  2. Tidak di kasih perekat pada bagian bawah permukaan granit.
  3. Adukan saat memasang lantai granit tidak padat.
  4. Lantai kerja tidak di plur dulu sebelum pasang lantai granit.
  5. Struktur konstruksi bangunan yang tidak standar.
  6. Pergerakan tanah pada bangunan.
Untuk memperbaiki lantai granit yang terlepas sangat mudah, buka granit yang terlepas lalu bobok adukan setelah itu ganti dengan adukan.

Atau bisa juga adukan di bobok 1 cm lalu beri adukan perkat granit setelah itu pasang granit kembai dan jika sudah kering pembaca bisa mengenatnya kembali.