Cara Pasang Kloset Gantung Geberit

Cara pasang kloset gantung geberit, hal yang perlu diperhatikan adalah posisi instalasi pipa pembuangan dan ketinggian lantai kamar mandi serta jarin
Cara Pasang Kloset Gantung Geberit

Cara pasang kloset gantung geberit, hal yang perlu diperhatikan adalah posisi instalasi pipa pembuangan dan ketinggian lantai kamar mandi serta jaringan instalasi air bersih

Sedangkan untuk hal-hal lainnya adalah opsional maka pada tulisan ini saya akan menjelaskan sesuai kemampuan dan pengalaman saya beberapa kali memasang kloset gantung geberit.

Kita bahas point yang pertama yaitu pipa pembuangan karena pipa bawaan dari geberit menggunakan pipa ukuran 3 inch maka instalasi 3 inch pun sudah cukup meskipun umumnya pipa pembuangan air kotor kloset berukuran 4 inch.

Ini bisa di akali dengan menggunakan sock 4 inch ke 3 inch agar pipa bawaan dari geberit tidak longgar.

Ketinggian pipa dari lantai kamar mandi akan berpengaruh terhadap ketinggian kloset, makanya tadi saya katakan untuk menggunakan pipa 3 inch agar posisis tidak berubah.

Baiklah yang pertama tentukan ketinggian lantai kamar mandi pada posisi kloset geberit yang nanti akan di pasang ini akan sangat krusial artinya tidak boleh ada perubahan pada ketinggian permukaan lantai kamar mandi.

Jika sudah di tentukan ketinggian lantai kamar mandi dengan memperhatikan beberapa resiko salah satunya kemiringan lantai yang di dapat ke arah floor drain di rasa cukup maka langkah selanjutnya adalah memasang pipa elbow bawaan dari geberit.

Caranya jika tadi sudah menentukan ketinggian lantai maka ukurlah as pipa elbow bawaan dari geberit naik dari ketinggian lantai 23 cm.

23 cm adalah standar yang di tentukan oleh geberit agar posisi kloset gantung tersebut tidak terlalu rendah ataupun terlalu tinggi.

Lalu ambil rangka kloset geberit yang ada tabungnya, biasanya rangka kloset geberit berwarna biru.

Letakkan pada posisi elbow bawaan geberit yang sudah tersambung pada instalasi jaringan pipa kloset, untuk di perhatikan jangan mengelem elbow dengan pipa jika kondisi dalam proses setting untuk menentukan ketinggian kloset.

Pada rangka kloset geberit terdapat 2 kaki yang fungsinya untuk menentukan tinggi rendahnya body kloset.

Pasang pengunci pipa elbow yang terdapat pada bawaan kloset, biasanya terbungkus plastik di dalam dus.

Di sini anda tinggal mengikuti elbow, maka anda bisa mengendorkan baut pengatur tinggi rendahnya body kloset geberit.

Selanjutnya jika pengunci pipa elbow bawaan kloset tepat berada di bawah elbow dan tidak ada kerenggangan maka posisi sudah tepat.

Hal yang perlu dilakukan adalah mencari posisi maju mundurnya body kloset geberit dengan tembok kamar mandi sebagai acuan.

Jika pada bagian kanan dan kiri body mempunyai ukuran sama dari tembok kamar mandi waktunya anda menetukan titik pengeboran pada bagian kaki kloset geberit.

Untuk bagian yang ini saya kira semua tukang sudah paham jadi penjelasannya tidak perlu sedetail mungkin, karena beda lokasi beda penanganan dan ini sifatnya teknis lapangan.

Lalu pada step selanjutnya ada harus memasang pengait antara tembok bagian belakang body kloset geberit.

Perlu pengeboran 4 titik pada tembok kamar mandi, ini jangan di abaikan agar kloset bisa kuat dan tegak.

Karena pengait ini selain untuk membuat kuat kloset geberit fungsi lainnya adalah untuk membuat body kloset tegak lurus sempurna, ada dua baut yang harus di pasang pengait antara body kloset dengan tembok, posisinya berada di belakang body dan di depan body.

Penting untuk di perhatikan lagi letak pipa pembuangan sebaiknya di buat mepet pada tembok kamar mandi karena ini akan mempengaruhi maju mundurnya kloset dari tembok nantinya setelah jadi.

Lalu untuk instalasi kloset geberit sebaiknya jika sudah memasang keramik atau granit dinding kamar mandi agar lebih mudah dalam pengerjaannya.

Buat saluran untuk stop kran yang di alokasikan untuk jet shower pada bagian kanan kloset atau ketika anda menghadap ke tembok yang akan terpasang kloset di bagian kiri 20 cm dari lantai.

Untuk finishing body kloset anda bisa menggunakan grc atau bisa menggunakan bata hebel atau bisa juga dengan bata merah tentu untung ruginya anda bisa menganalisa sendiri terkait penggunaan bahan material untuk finishing body kloset geberit ini.

Jika merasa pemasangan kloset geberit ini terlalu rumit dan beresiko anda bisa memanggil tukang yang sering menginstalnya saya merekomendasikan tukang granit dalam hal ini silahkan hubungi kami melalui menu kontak yang sudah kami sediakan.
Kuli bangunan yang dilantik secara rahasia
© Tukang Granit. All rights reserved. Developed by Jago Desain