Hole Saw Mata Bor Granit Yang Bagus

Kesimpulan mata bor granit yang bagus adalah hole saw atau mata bor kaca, anda bisa menggunakan bor ukuran 12 mm dengan daya yang paling rendah


 Anda merasa kesusahan saat mengebor granit dengan mata bor beton biasa ? lalu anda menggunakan rotary hammer untuk mengebornya, lalu yang terjadi karena pada awal pengeboran dengan mata bor rotary hammer akan loncat-loncat maka akan ada banyak bekas boncel-boncel pada beberapa permukaan granit ?

Itu adalah pengalaman saya pada awal menjadi tukang granit karena mengebor pada baut untuk kloset serta wastafel.

Untungnya semua cacat pada permukaan granit karena salah mata bor yang loncat-loncat tersebut tertutup oleh body kloset dan wastafel maka tidak perlu mengganti granit.

Namun setelah kejadian tersebut saya ngobrol dengan tukang kaca yang kebetulan waktu pemasangan kaca dan kusen pintu berbarengan dengan saya yang sedang memasang granit maka dia menyarankan untuk menggunakan mata bor kaca atau biasa di sebut dengan hole saw.

Waktu itu masih jarang toko material yang menjual hole saw kaca dan saya berusaha mencari di depo bangunan serpong.

Ketika saya sudah mendapatkan hole saw kaca saya coba gunakan untuk mengebor granit untuk memasang kloset.

Yang terjadi adalah sangat mudah sekali untuk mengebor granit dengan catatan waktu mengebor menggunakan air agar mata hole saw tidak cepat habis karena panas yang di akibatkan oleh gesekan antara mata bor dengan granit.

Jadi untuk mengebor granit tidak diperlukan mata bor beton yang mahal, percuma karena nanti proses pengeboran pun akan lama dan granit terkesan sangat keras sekali.

Kesimpulan mata bor granit yang bagus adalah hole saw atau mata bor kaca, anda bisa menggunakan bor dengan ukuran kepala bor 12 mm dengan daya yang paling rendah sendiri dengan catatan ketika melakukan pengeboran granit , bagian yang di bor selalu di guyur dengan air, caranya masukan air pada kemasan botol air minun bekas lalu tutup kembali botol setelah terisi air dan buat lobang pada tutup botol dengan paku.

Hal ini agar bisa di lakukan sendiri dengan tangan kiri memegang botol air dan tangan kanan mengoprasikan bor agar body bor tidak terkena air yang akan riskan terjadi konsleting nantinya.

Untuk cara mengebornya sendiri saya tidak perlu mengajarkan karena setiap tukang sudah paham namun yang perlu dicatat bahwa ketika mengebor granit dengan hole saw ukuran berapapun sebaiknya bor di goyang-goyang agar granit yang nantinya berada di dalam mata bor akan mudah lepas karena longgar oleh gerakan bor.
Kuli bangunan yang dilantik secara rahasia

Posting Komentar

© Tukang Granit. All rights reserved. Developed by Jago Desain