Bagaimana Cara Pasang Granit Secara Indonesia

1 Menentukan level ketinggian lantai yang akan di pasang granit dengan selang waterpass usahakan tidak ada bobokan lantai kerja dan ketinggian pintu tidak terdampak dalam menentukan ketinggian lantai tersebut .
Bagaimana Cara Pasang Granit Secara Indonesia


Pertanyaan "Bagaimana Cara Pasang Granit Secara Indonesia" ?
Jawabannya "

1 Menentukan level ketinggian lantai yang akan di pasang granit dengan selang waterpass usahakan tidak ada bobokan lantai kerja dan ketinggian pintu tidak terdampak dalam menentukan ketinggian lantai tersebut.

Untuk proses ini lakukan penyelangan / elevasi di setiap sudut ruangan dan tandai dengan pena atau pensil dan jangan lupa naikkan 50 cm dari nol atau pasangan granit supaya mudah melakukan pekerjaan pemasangan benang elevasi untuk granit pada setiap ruangan

2 Menentukan titik awal pemasangan granit dan biasanya ini di as atau tengah-tengah pintu utama rumah, jika memungkinkan kalau ada potongan kecil di bagian dinding yang langsung terlihat oleh mata.

Maka titik awal benang waterpass di geser supaya tidak ada potongan granit kecil yang terlihat karena hal ini membuat kesan jelek , logikanya tentukanlah potongan granit di sisi ruangan yang tidak terlihat langsung oleh mata atau tertutup dengan perabot, sofa dan lain-lain

3 Tarik benang jika kedua proses tersebut diatas sudah terlewati dalam arti sudah beres langkah selanjutnya adalah menarik benang waterpass dan benang titik awal pemasangan granit yang bisa di sebut kepala pasangan granit.

Di proses ini lakukan dengan teliti, cek semua ukuran ruangan dari salah satu sisi kepala pemasangan granit tersebut apakah ada selisih ukuran dan hitung dengan tepat jangan sampai ada pemasangan yang tidak siku dan ada pemasangan potongan granit yang meruncing.

4 selanjutnya adalah proses pemasangan dari pintu utama , ingat jangan kebalik memasangnya dari kamar tidur atau dari dapur , dan jika ini adalah renovasi dalam arti bongkar pasang granit maka sebaiknya di bongkar dari depan yaitu pintu utama dan biasanya terdapat ruang tamu.

5 Aduk dulu semen dan pasir dengan kadar air yang tidak terlalu banyak supaya tidak lembek dan ini adalah bahan pendukung pemasangan granit yang umum di indonesia.

Perlu dingat untuk kadar air jangan sampai terlalu banyak dan adukan granit tidak seperti adukan plesteran , untuk air sesuaikan dengan kondisi pasirnya jadi disini saya tidak akan menjelaskan secara detail ukuran pasir , semen dan airnya pokoknya adukan kering .

Alasan pemasangan granit dengan adukan kering supaya adukan tidak muntah melalui sela-sela nat granti karena akan mengakibatkan posisi nat yang kotor , jorok dan tidak sama ukuran nat granit.

Kecuali Anda ingin memasang granit seperti di luar negeri bersiaplah dengan biaya lebih.

Lalu kenapa penulis membuat judul Bagaimana Cara Pasang Granit Secara Indonesia ?

Jika Anda adalah pembaca yang suka nonton di youtube bagaimana cara pasang granit di Eropa ,Jepang , Us ( luar negeri ) maka proses dan bahan sangat berbeda sekali dengan di indonesia hal ini karena jika kalian ingin pasang dengan model seperti yang kalian lihat di youtube tersebut maka siap - siap dengan biaya yang lebih banyak.

Percaya sama yang saya tulis bahwa biaya untuk melakukan pemasangan granit dengan metode diluar negeri anda tidak akan mampu karena proses yang kalian lihat hanya waktu pemasangan granitnya saja.

Sedangkan pekerjaan sebelumnya itu masih ada yaitu membuat lantai kerja dengan elevasi presisi dan dilakukan secara hati-hati ( plur dengan pola pesteran yang dilakukan dengan jidar dan berulang-ulang) sedangkan biayanya tukang tidak akan mau permeternya seperti biaya pekerjaan plur biasa.

Untuk yang ingin memasang granit seperti yang kalian lihat di youtube dengan perekat granit maka buatlah lantai kerja dangan tingkat presisi tinggi dalam arti rata dan bener - bener selang dan plur hampir mirip dengan kwalitas plesteran dinding dengan jidar

Anda tahu fungsi jidar dan bisa menggunakannya ? jika tidak tahu maka enyahlah dari muka bumi ini karena aku yakin kamu manusia yang hanya bisa ngomong tanpa bisa praktek.

Satu lagi kelemahan pemasangan granit ala luar negeri dengan semen perekat dan di tarik dengan raskam bergerigi adalah adanya ronga dibawah granit , dan ini riskan pecah jika kena benturan , pokoknya perekat tidak padat 100 % lihat gambar dibawah ini

Kesimpulannya adalah cara pasang granit yang saya jelaskan di atas hanyalah gambaran besarnya saja, untuk prakteknya maka akan menyesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Namun yang perlu di garis bawahi adalah cara pasang granit mesti di mulai dari bangunan bagian depan yaitu pintu utama bangunan adalah granit utuh lalu mengarah ke bagian bangunan bagian belakang atau bagian kamar.

Hal ini di maksudkan agar semua nat granit atau pola pemasangan granit bisa ketemu pada keseluruhan bangunan dan juga untuk menyembunyikan pasangan granit yang tidak utuh pada bagian bangunan yang tidak langsung terlihat oleh mata langsung supaya pasangan granit terlihat rapi dan sempurna.

Dan jangan sekali-kali memasang granit di mulai dari dalam kamar, kami sering sekali mendapatkan pekerjaan memasang granit lantai dan dapat pengarahan dari klien kami agar memulai memasang granit dari dalam kamar dulu, mungkin karena bagian kamar sudah diaggap siap untuk di pasang granit.

Ini akan membuat nat tidak ketemu dan putus pada bagian pintu yang akan membuat tampilan menjadi tidak menarik, maka kami selalu mengatakan bahwa memulai memasang granit harus dari pintu utama bagian rumah.

Semoga tulisan yang membahas cara memasang granit ini bisa menambah wawasan anda.

TukangGranit.com adalah situs penyedia jasa pemasangan granit di jakarta , tangerang , bogor , depok dan bekasi hp 081270328816
Kuli bangunan yang dilantik secara rahasia
© Tukang Granit. All rights reserved. Developed by Jago Desain