Cara Memasang Granit Lantai Ukuran Lebar

 

Memasang Granit Lantai

Kali ini saya akan berbagi pengalaman beberapa kali Memasang Granit Lantai Ukuran Lebar contohnya seperti granit ukuran 120×240 cm yang baru-baru ini kami kerjakan.

Karena dalam pemasangan granit yang berukuran lebar agak beresiko pecah saat pemasangan maka diperlukan tehnik yang agak berbeda jika dibandingkan dengan pemasangan granit yang berukuran lebih kecil misalnya granit ukuran 60×60 cm.

Kenapa pasang granit lantai ukuran 120×240 cm beresiko pecah ? karena tebalnya granit hanya 9 mm, dan tentunya dengan lebar yang seukuran triplek tersebut dengan ketebalan hanya 9 mm tergolong sangat tipis atau tidak sebanding.

Terlebih lagi dengan ukurannya yang sangat lebar tersebut mengakibatkan granit menjadi seperti bergetar dan lentur apabila diangkat maka seperti kaca, bahkan lebih riskan daripada kaca tentu pemasangannya pun harus menggunakan tehnik yang berbeda jika dibandingkan dengan granit yang berukuran dibawahnya.

Baiklah saya akan menjelaskan secara garis besarnya saja Cara Memasang Granit Lantai Ukuran Lebar

Pertama Tentukan ketinggian lantai dangan cara mencari elevasi dengan menggunakan selang timbang, di indonesia umumnya pakai selang timbang kalau ada boleh menggunakan waterpass laser agar lebih cepat.

Tarik benang pada titik awal pemasangan dan elevasi granit fungsinya agar pembaca tahu ketebalan adukan serta posisi awal pemasangan serta resiko potongan yang dihasilkan serta siku tidaknya ruangan sebelum granit terpasang, bagian ini yang paling penting untuk diperhatikan karena apabila salah maka ada potongan di bagian tertentu dan biasanya akan membutuhkan granit tambahan yang artinya boros.

Setelah semuanya beres maka langkah selanjutnya adalah membuat kepala peluran dengan cara dikurangi tebal granit dari benang yang tadi dipasang.

Karena tebal granit yang saya pasang adalah 9 mm maka akan saya kurangi dari benang 9 mm lalu buatlah peluran sesuai dengan tinggi kepala peluran yang sudah dibuat dengan adukan yang tidak begitu banyak kandungan airnya.

Lalu setelah itu buatlah air acian dari semen biasa atau jika anggaran lebih boleh menggunakan semen perekat granit, guyur air acian pada peluran yang sudah rata dengan sempurna lalu pasang granit perlahan dan tidak perlu dipukul dengan palu karet karena beresiko akan pecah.

dari tulisan singkat di atas keterangannya akan saya jelaskan sebagai berikut


Untuk mengangkat granit diperlukan kop kaca, karena ukuran granit yang terlalu lebar dan beratnya granit mempengaruhi dalam kondisi saat dipegang akan susah maka diperlukan kop kaca untuk mengangkatnya. dan kop kaca yang dibutuhkan minimal 3 buah.

Dalam memasang granit diperlukan minimal 3 orang, agar lebih mudah dan aman maka diperlukan minimal 3 orang dalam memasang granit ukuran 120×240 cm

Adukan peluran dalam kondisi masih basah atau baru saja dibuat agar lebih mudah untuk menekan ke posisi yang di inginkan.

Untuk proses yang tidak saya sebutkan maka akan sama seperti pemasangan granit pada umumnya, atau mengikuti kondisi lokasi yang akan dipasang granit yang berukuran lebar.

Untuk lebih jelasnya cara memasang granit bisa di baca di artikel kami yang berjudul Cara Pasang Granit

Wajib menggunakan reusable tile levelling system agar pemasangan rata, ini untuk menjaga agar posisi ketinggian antara granit selalu sama baik itu dalam keadaan kering atau basah adukan semen dan pasir.

Palu karet wajib diganti dengan Tile Tiling Machine untuk mengindari pecah yang diakibatkan oleh pukulan palu karet, sedangkan jika menggunakan  Tile Tiling Machine getarannya lebih aman daripada menggunakan palu karet