Cara Ngenat Granit Agar Rapi

Cara Ngenat Granit Agar Rapi - pengenatan granit yang rapi dan tidak blepotan adalah salah satu faktor dari sekian banyak faktor yang menentukan

Cara Ngenat Granit Agar Rapi


Cara Ngenat Granit Agar Rapi - pengenatan granit yang rapi dan tidak blepotan adalah salah satu faktor dari sekian banyak faktor yang menentukan pasangan granit secara keseluruhan dikatakan rapi.

Untuk itu dalam proses pengenatan granit banyak hal yang perlu diperhatikan agar salah satu variabel yang menentukan kerapian dalam instalasi granit terpenuhi.

Nat Granit Kamar Mandi Anti Bocor

Dalam tulisan kali ini kita akan bahas langkah demi langkah yang perlu diperhatikan sebelum pengenatan granit dilakukan gunanya agar pasangan granit makin rapi.

Karena dalam beberapa kesempatan saya melihat pasangan granit nya rapi namun ngenat granitnya yang asal-asalan dan terkenasan pasangan granit jadi kotor atau kumuh.

Hal Yang Perlu Di Perhatikan Sebelum Ngenat

Sebelum proses ngenat granit dilakukan sebaiknya perhatikan celah pada nat granit, pastikan tidak ada kotoran seperti debu, sisa adukan atau perekat.

Jika ada kotoran dalam celah nat wajib dibersihkan dahulu, untuk membersihkan celah pada bagian nat granit gunakan alat berdasarkan kotoran yang menempel.

Bila kotoran yang menempel adalah sisa adukan atau perekat granit maka untuk membersihkan kotoran tersebut bisa menggunakan pisau cutter atau kape dan kain lap.

Jika dirasa area yang akan di nat sudah bersih dari semua jenis kotoran, langkah selanjutnya adalah menyapu area sampai bersih sehingga tidak ada debu yang menempel.


Tujuan dari pembersihan adalah agar pada bagian nat granit murni warna tile grout granit saja tidak ada kotoran yang akan membuat nat nantinya terlihat kotor karena warna tile grout dan warna kotoran semen biasanya berbeda.

Dalam Proses Pengenatan Lakukan Pengulangan

Setelah proses pembersihan celah nat selesai, maka langkah selanjutnaya adalah ngenat granit, terserah mau menggunakan merk nat granit apa aja prosesnya tetap sama.

Untuk ngenat granit bisa menggunakan roskam khusus untuk ngenat atau bisa menggunakan alat sederhana yaitu potongan sendal jepit toh hasilnya nanti sama aja.

oleskan tile grout dengan potongan sendal atau roskam yang khusus untuk ngenat granit pada semua area yang belum di nat.

Setelah di rasa agar kering lalu bersihkan nat yang berada di permukaan granit, pada bagian celah nat usap dengan hati-hati menggunakan kain.

Selanjutnya karena tile grout ketika setengah kering akan menyusut maka lakukan pengenatan ulang, ini dimaksudkan agar tile grout bisa sama rata dengan permukaan granit.

Sebagai catatan untuk pembaca, tile grout harus rata dengan permukaan granit agar tidak menyimpan kotoran debu di kemudian hari yang akan mengakibatkan nat berubah warna.

Setelah dirasa semua celah nat granit tertutup oleh tile grout, maka selanjutnya adalah melakukan koreksi, bersihkan tile grout pada bagian yang tidak semestinya diberi tile grout seperti pada bagian permukaan granit, pada bagian sudut pertemuan granit dan pada pojokan ruangan antara lantai dengan plin.

bentuk serapi mungkin pada bagian sudut ruangan dan biasanya pada bagian ini nat kurang rapi.

Kuli bangunan yang dilantik secara rahasia

Posting Komentar

© TukangGranit.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain