Tips Agar Kamar Mandi Lantai 2 Tidak Bocor

Tips Agar Kamar Mandi Lantai 2 Tidak Bocor adalah dengan melakukan perencanaan yang matang, pada tulisan kali ini kita akan bahas masalah tersebut dan
Tips Agar Kamar Mandi Lantai 2 Tidak Bocor

Tips Agar Kamar Mandi Lantai 2 Tidak Bocor adalah dengan melakukan perencanaan yang matang, pada tulisan kali ini kita akan bahas masalah tersebut dan pencegahannya.

Umumnya kamar mandi lantai 2 ke atas akan lebih rawan bocor, karena bertambahnya faktor yang menentukan kebocorannya.

Tidak seperti pada kamar mandi lantai 1 pada rumah yang bisa dipastikan bahwa sumber kebocorannya hanya pada saluran pipa air bersih sampai ke pada kran atau shower.

Untuk kamar mandi lantai atas kebocoran akan bertambah dari saluran pembuangan air kotor, daya tahan dak beton yang tidak kedap air serta penanganannya waktu pengerjaan kamar mandi yang kurang teliti dan asal jadi.

Ada beberapa tahapan yang akan mengurangi resiko kebocoran pada kamar mandi lantai 2 yang perlu dilakukan sebelum proses pemasangan granit kamar mandi.

Granit lantai kamar mandi

Tulisan ini bersifat mencegah kebocoran pada kamar mandi bukan mengatasi artinya pekerjaan sebelum terjadi kebocoran kamar mandi.

Kami berharap pembaca bisa membedakan antara mencegah atau mengatasi kebocoran, karena nanti tindakan yang perlu diambil akan berbeda.

Jika pekerjaan mengatasi kebocoran artinya pekerjaannya menyelesaikan masalah kebocoran yang sudah terjadi dan pekerjaan ini biasanya memerlukan banyak data dari kamar mandi, intinya perlu mempelajari lebih dahulu kasus kebocoran kamar mandi setelah itu menyimpulkan tindakan apa yang harus dilakukan.

Berikut ini tahapan pekerjaan agar kamar mandi lantai 2 tidak bocor

Dak Beton
Memastikan dak beton lebih kedap air adalah sebagian dari tips agar kamar mandi lantai 2 tidak bocor.

Karena kualitas dak beton yang baik adalah salah satu faktor yang menentukan kamar mandi tidak bocor.

Untuk itu apabila melakukan pengecoran dak beton lantai 2 pastikan bahwa campuran semen, pasir dan obat pengeras sesuai anjuran.

Untuk lebih mempermudah proses ini gunakan penyedia cor yang sekarang ini mudah di dapatkan di Indonesia dan biasanya penyedia cor akan memberikan pilihan kepada anda kualitas cor yang berbeda-beda sesuai dengan harganya.

Posisi Pipa Air Kotor
Tidak kalah pentingnya adalah tentang posisi pipa air kotor yang akan ditanam pada dak beton.

Pastikan bahwa letak pipa air kotot yang tertanam pada dak beton sudah sesuai dengan denah.

Ini dimaksudkan agar nanti tidak ada pemindahan posisi pipa air kotor setelah dinding kamar mandi jadi.

Jangan sampai ketika dinding kamar mandi sudah jadi baru ketahuan bahwa letak pipa air kotor yang tertanam pada dak beton ternyata salah.

Kemudian akan merubah letaknya yang sudah tentu ini akan membuat lobah baru atau bobokan pada dak beton kamar mandi.

Hal ini akan membuat rawan kebocoran pada kamar lantai 2 tentunya, maka dari itu sebelum melakukan pengecoran dak beton lakukan pengecekan akhir pada lokasi dengan gambar denah bangun.

Kiat memilih granit lantai kamar mandi

Waterpofing
Waterprofing adalah pekerjaan ketika akan memasang granit lantai pada kamar mandi, ini bisa dikatakan pekerjaan yang wajib dilakukan sebelum kamar mandi benar-benar finish.

Tujuannya adalah memastikan agar dak beton pada kamar mandi benar-benar kedap air, dan untuk mencegah kebocoran pada kamar mandi lantai 2 ketika dak beton tidak dalam kondisi baik serta menutup seluruh pori-pori dak beton.

Sambungan Pipa
Sambungan pipa air bersih ataupun air kotor akan sangat berpengaruh pada kebocoran kamar mandi lantai 2.

Untuk memastikan hal ini tidak terjadi, maka hindiri banyak sambungan pipa pada kamar mandi.

Tidak di anjurkan untuk menyambung pipa air bersih dengan sistem pembakaran manual apabila yang digunakan pada instalasi kamar mandi adalah pipa pvc biasa.

Karena tekanan air pada pipa akan terus menerus dan biasanya sambungan pipa biasa akan lebih cepat terlepas meskipun sudah di lem.

Pastikan semua sambungan sudah di lem dengan lem pipa dan pada saat pengeleman permukaan pipa yang terkena lem sudah melunak.

Pengenatan
Pengenatan adalah pekerjaan terakhir yang paling penting untuk di lakukan dengan teliti, jangan lupa setelah pengenatan selesai hindari penggunaan kamar mandi terlalu terburu-buru agar semen nat kering dengan sempurna.


Baca semen nat granit
Kuli bangunan yang dilantik secara rahasia
© Tukang Granit. All rights reserved. Developed by Jago Desain