Cara Pasang Granit Di Atas Keramik Lama

Tukang granit kali ini menulis Cara Pasang Granit Di Atas Keramik Lama karena kami anggap ini sangat penting sebagai tambahan wawasan pembaca terutama
Cara Pasang Granit Di Atas Keramik Lama


Tukang granit kali ini menulis Cara Pasang Granit Di Atas Keramik Lama karena kami anggap ini sangat penting sebagai tambahan wawasan pembaca terutama tukang granit yang baru pertama kali akan melakukan pemasangan granit diatas keramik lama (renovasi).

Sebelum mamasang granit di atas keramik lama, saran saya sebaiknya di cek dulu area atau lokasi yang akan di pasang granit, apabila ini adalah pekerjaan pasangan granit lantai.


Yang saya maksud cek area lokasi adalah elevasi keramik lama yang akan di timpah granit, kira-kira kondisi lantai masih layak tidak untuk ditimpa pasangan granit baru.

Karena ini akan berpengaruh terhadap hasil pasang granit nantinya, alasannya adalah pasangan granit baru akan selalu mengikuti kontur permukaan lantai keramik lama.

Apabila lantai keramik lama mengalami perubahan maka bukan tidak mungkin lantai tidak waterpass pada bagian tertentu dan ini akan mengakibatkan masalah saat pemasangan granit dengan dengan trowel.

Masalah yang ditimbulkan apabila lantai keramik lama tidak selang selain tidak selang juga permukaan granit adalah borosnya semen perekat apabila mengikut permukaan keramik.


Lokasi yang akan di pasang granit perlu di evaluasi secara detail agar nanti bisa menentukan langkah apa yang harus diambil.

Jika terjadi masalah seperti yang saya sebutkan diatas yaitu ada beberapa bagian lantai keramik lama yang terlalu tinggi elevasinya maka sebaiknya di bongkar saja keramiknya.

Tujuannya adalah agar pemasangan granit bisa menggunakan trowel dan hemat semen perekatnya.

Setelah semua bagian lantai di evaluasi dan menemukan solusi yang tepat dalam menangani masalah dalam pemasangan granit di atas keramik langkah selanjutnya adalah melakukan pemasangan granit.

Siapkan peralatan untuk pemasangan granit di atas keramik lama sebagai berikut
  • Paku beton 5 cm.
  • Benang.
  • waterpass.
  • Waterpass laser.
  • Palu.
  • Palu karet.
  • Trowel bergerigi.
  • Sendok semen.
  • Meteran.
  • Reusable tile leveling system ukuran 1 mm.
Pastikan selalu melakukan penyelangan pada setiap sudut ruangan agar pasangan granit presisi.


Pasang benang pada titik elevasi lantai yang sudah ditentukan dari awal.

Pasang benang dari pintu utama kearah belakang bangunan untuk memulai pasang granit.

Kalau benang waterpass dan benang titik awal pemasangan granit sudah terpasang semua, lakukan pemasangan dari depan bangunan dimulai dari pintu.

Setiap lokasi akan berbeda-beda penangannya namun yang pasti titik awal pemasangan granit harus dari pintu utama.

Usahakan selalu menarik benang pada setiap baris pasangan granit, tujuanya adalah agar pasangan presisi.

Pasang granit diatas keramik lama semen perekat akan sangat lama keringnya bahkan terkadang 24 jam baru kering jadi pemasangan granit diatas keramik lama wajib menggunakan reusable tile leveling system ukuran 1 mm.

Tujuannya agar pasangan granit tidak bergerak yang mengakibatkan pasangan granit tidak rata serta nat granit tidak beraturan.

Mungkin sekian dulu tulisan cara pasang granit di atas keramik lama, yang saya tulisan hanya poin pentingnya saja sedangkan prakteknya menyesuaikan di lapangan.

Jika anda melihat di youtube pemasangan granit dengan metode pasang granit dengan trowel dan tanpa benang terlihat rapi.

Karena anda hanya melihat dari layar hp anda yang resolusinya belum 4 K karena anda tidak bisa meraba hasil dari pemasangan yang mereka lakukan, lalu anda juga tidak tahu standar pemasangan granit di luaran sana seperti apa sehingga pekerjaan di terima oleh kliennya.

Jadi yang paling penting adalah usahakan selalu menyelang atau waterpass pada setiap sudut ruangan, dan ketika memasang selalu menggunakan benang.



Kuli bangunan yang dilantik secara rahasia

Posting Komentar

© TukangGranit.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain